Monday, July 14, 2008

Data Flow Diagram (DFD) Sistem Informasi Penjualan Tiket Pesawat Online

Sebuah perusahaan penerbangan ”Colombus” ingin membangun sebuah Sistem Informasi Penjualan Tiket Pesawat Online (Web). Adapun prosedur penjualan tiket pesawat online yang akan diterapkan adalah sebagai berikut :

- Setiap customer yang akan melakukan pembelian tiket harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran customer, karena setiap transaksi penjualan yang akan dilakukan harus melewati proses login terlebih dahulu.

- Apabila customer sudah melakukan pendaftaran, maka sistem akan memberikan login dan password supaya customer dapat melakukan pembelian tiket secara online.

- Untuk melihat jadwal penerbangan, customer dapat memilih menu schedule dan memasukkan data tujuan penerbangan (dari dan tujuan penerbangan) untuk mengetahui ketersediaan dan jam penerbangan tersebut.

- Apabila schedule telah didapatkan, customer dapat memilih menu e-booking availability untuk melakukan cek seat penerbangan.

- Apabila seat penumpang masih ada, maka customer dapat melakukan pembelian tiket pesawat dengan cara meng-click jadwal yang sesuai, dan sistem akan memberikan sebuah kode yang dipakai untuk melakukan pembayaran beserta nomer rekening untuk pembayaran tersebut.

- Kode yang diterima oleh customer akan dipakai untuk pembayaran lewat sebuah ATM dengan cara transfer ke nomer rekening yang telah disebutkan di web.

- ATM akan mengeluarkan sebuah slip yang didalamnya terdapat pin sepanjang 12 digit. Pin tersebut akan digunakan oleh customer untuk dimasukkan ke dalam menu Reconfirm yang ada pada halaman web, untuk membuktikan bahwa customer telah melakukan pembayaran.

- Slip yang didapat dari pembayaran di ATM harus disimpan oleh customer untuk ditukarkan dengan tiket pesawat di loket bandara saat akan melakukan penerbangan.

Dari cerita di atas, anda sebagai seorang tim pengembang sistem informasi, diminta untuk membuat Data Flow Diagram (DFD) mulai dari context diagram sampai dengan break down level detail sesuai dengan analisis anda.

Jawaban :


Context Diagram









DFD Level 1









DFD Level 2

1. Pendaftaran Customer









2. Pemesanan




7 comments:

Anonymous said...

Thanks banget Mas.. Infonya bagus banget..

Makasi.. makasi..

Agung Kurniawan said...

makasih banyak mas,,,....... telah menolong buat presentasiku besok...

albertisar said...

istilah
TB_Customer , apa ya?
pada bagian pendaftaran Customer

ultrabook notebook tipis harga murah said...

makasih mas atas pencerahannya :)

Unknown said...

Thank's bro infonya.... sangat bermanfaat bgt... dan dapat membantu saya tugas kuliah saya...

izin sedot gan...

salvian said...

mksih bro ... membantu bgt

Unknown said...

thankssss brooo,.